Sabtu, 27 November 2010

Toko Buku Pelajaran

Segala macam bisnis dibidang pendidikan akan terus dibutuhkan karena pendidikan juga dibutuhkan oleh semua orang. Salah satu bisnis dibidang pendidikan adalah dengan menjual khusus buku pelajaran. Dengan segmentasi khusus seperti ini, setiap orang akan mempunyai paradigma bahwa untuk membeli buku pelajaran, juga harus di toko yang menyediakan khusus buku pelajaran.Bisnis ini menarik karena buku pelajaran selalu dibutuhkan dan keuntungan pun bisa dari 10% sampai 35% dari omzet kotor. 
Seperti halnya bisnis yang berjenis jual beli lain, bisnis ini kita juga tetap membutuhkan karyawan untuk menjaganya.

Konsumen
Segmen pasar yang kita tuju adalah semua kalangan siswa sekolah dan pendidikan tinggi.

Bagaimana Memulai
Buku pelajaran yang sekarang ini sangat banyak dan berjenis-jenis, membutuhkan ruang yang cukup luas untuk display, sebaiknya minimal berukuran 200m, ini dibutuhkan untuk menampung buku-buku tersebut dan calon pembeli bisa mencari dengan nyaman.
Selanjutnya kita bisa menghubungi semua penerbit yang menyediakan buku pelajaran seperti Intan Pariwara, Erlangga, Tiga Serangkai dan penerbit lain. Karena pertama kali, mungkin kita tidak bisa membayar dengan menerima barang terlebih dahulu, tetapi harus langsung bayar. Tetapi jika sudah berlangsung lama, penerbit akan mempercayai kita dan mau menitipkan produknya dengan jangka waktu pembayaran bisa 2 bulan atau lebih.
Jika kita mempunyai modal yang cukup untuk membeli dalam jumlah banyak kepada penerbit, kita bisa membeli buku-buku tesebut dari toko grosir, di antaranya kompleks Mya Indah samping Pasar Senen Jakarta.

Hambatan
Bisnis ini mempunyai pasang surut, terutama karena hanya pada saat tahun ajaran baru saja booming dan omsetnya bisa jutaan rupiah per bulan. Dan jika bulan-bulan biasa, penjualan bisa jadi agak menurun.

Kunci Sukses
Bisnis jenis ini membutuhkan produk yang ditawarkan harus lengkap. Selain itu dalam menghadapi persaingan, hal yang bisa kita berikan adalah tempat yang nyaman (misal AC, music dan lain-lain) dan komunikasi kepada pembeli yang baik agar mereka terus menjadi pelanggan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar