Senin, 29 November 2010

Membuat Website


Teknologi yang semakin maju belakangan ini, membuat jasa pembuat website bermunculan. Selain itu perusahaan membutuhkan website untuk mengenalkan produk dan memasarkannya, ternyata banyak juga orang yang menggunakan jasa pembuat website ini untuk perorangan. Jika di kota kita belum begitu banyak yang mendalami bisnis ini, kita bisa segera memulainya. Keuntungan yang besar bisa menjadi sesuatu yang membuat pundi uang kita berlimpah.
Kita bisa memanfaatkan waktu luang kita setelah dari kantor untuk mengelola bisnis ini bergantian dengan seorang rekan atau pegawai yang bekerja pada siang hari. Hanya saja sebaiknya bukan kita yang mengurus berbagai hal dari desain dan pemasaran. Sebaiknya orang lain yang mengerjakannya.

Konsumen
Kita bisa menawarkan jasa kita ke perusahaan-perusahaan atau toko baik kecil maupun besar. Selain itu organisasi, para tokoh masyarakat, artis, instansi-instansi Pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), juga bisa menjadi target pemasaran kita.

Bagaimana Memulai
Kita harus mempunyai komputer dan notebook dengan spesifik yang cukup tinggi untuk mendukung kinerja kita dari segi kecepatan dan efisinsi. Kita benar-benar harus memahami bisnis ini sebelum memulainya, maka untuk itu, kerja sama atau pegawai yang kita punyai harus mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam hal desain.
Jika tempat dan peralatan yang diperlukan sudah tersedia, kita bisa sesegera mungkin menawarkan jasa kita di iklan dan membagikan proposal kepada perusahaan, instansi dan organisasi yang ada di sekitar kita dan kota lain. Dalam menawarkannya, tentunya kita haris mempunyai website terlebih dahulu yang menarik. Agar instansi yang kita tawarkan tertarik untuk menggunakan produk kita.
Hal yang bisa kita tawarkan adalah di antaranya sistem putus, yaitu hanya mengerjakan website, pelanggan sampai jadi, kemudian utuk pengelolaan dikerjakan sendiri oleh pelanggan. Sedang untuk sistem kontrak, dari pembuatan, pengelolaan dan keamanan websit selama satu tahun menjadi tanggung jawab kita.
Sebagai gambaran, untuk satu proyek yang dikerjakan, untuk skala kecil, kisaran harga yang bisa kita berukan adalah antara Rp 2 juta sampai Rp 10  juta. Untuk kisaran besar dengan harga pengelolaan di tangan kita, harga yang bisa ditawarkan selama satu tahun adalah antara Rp 10 juta sampai Rp 30 juta. Harga ini dengan desain yang mempunyai kualitas tinggi baik dalam desain maupun jumlah data yang mampu disimpan website.

Hambatan
Bisnis ini membutuhkan keahlian khusus, jika kita atau orang yang bersama kita tidak mempunyai keahlian yang memadai, kita akan kehilangan pelanggan. Selain itu, kita harus mempertimbangkan juga para hacker yang bisa memporak-porandakan situs yang sudah kita buat.

Kunci Sukses
Kualitas website yang kita buat adalah modal utama untuk ditawarkan ke calon pelanggan. Selain itu, proposal yang kita sebarkan semakin banyak semakin baik, karena itu bisa menjaring calon pelanggan lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar