Sabtu, 27 November 2010

Catering

Bisnis catering ini selalu saja banyak yang mencari. Berbagai hajatan, dan acara mulai dari ulang tahun, syukuran, perkawinan, seminar, workshop dan lainnya. Bagaimanapun juga membutuhkan jasa para penyedia makanan dalam jumlah yang besar, yaitu catering. Bila bisa bertahan dan makanan kita enak serta bersih, sampai kapanpun bisnis kita ini akan selalu digunakan orang setiap mereka memerlukannya.
Bagaimanapun juga bisnis catering harus memerlukan pegawai suka atau tidak suka. Yang bisa kita lakukan adalah menyediakan tempat dan transportasi, serta mencari pelanggan dan sekali waktu mengecek setiap peralatan dan masakan yang ada. Selain itu, serahkan pada para pekerja kita.

Konsumen
Pemilik hajat dan penyelenggara acara perusahaan, terutama jika undangan atau peserta dalam jumlah yang cukup banyak. Karyawan-karyawan kantoran juga merupakan pangsa pasar potensial. Juga anak-anak sekolah/mahasiswa yang akan mengadakan pesta ulang tahun atau syukuran.

Bagaimana Memulai
Mencari pegawai adalah hal yang pertama kali kita harus lakukan dalam bidang ini. Karena mereka adalah unsur utama sukses tidaknya bisnis kita nanti. Lebih baik mencarinya dengan seleksi, terutama yang tak hanya bida memasaak, tapi bersih dan rasa makannanya enak.
Setelah kita mendapat beberapa pegawai yang kita inginkan (bisa dari empat hingga belasan pegawai), kita membeli peralatan yang kita butuhkan. Sekarang bisnis ini mulai berjalan, jangan lupa untuk mempromosikannya, karena ini nama baru. Sehingga yang harus dilakukan adalah mengenalkannya kepada masyarakat.

Hambatan
Cukup banyak yang menggeluti bisnis ini, sehingga persaingan pun cukup ketat. Selain itu jika salah memilih pegawai, bisa-bisa kita sedang menuju kahancuran kita sendiri. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah memerlukan banyak promosi.

Kunci Sukses
Apabila makanan kita enak, tentu kita bisa lebih tenang dalam menjalankan bisnis ini. Keberhasilan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi oarng yang memakan catering kita, sehingga jaga kebersihan dalam apapun juga.
Kita bisa berpromosi lewat media massa, tetapi juga bisa dengan memberi nama kita dalam setiap tissue, kardus atau piring dan alat makanan lain, agar setiap tamu yang merasakan catering kita mengenal nama catering ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar